Bawaslu Janji Tingkatkan Kualitas Pengawasan Pemilu

detik com Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memiliki wajah baru dalam menghadapi Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu Serentak 2019. Branding baru ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengawasan dan penegakan keadilan pemilu.

“Dalam rangka meningkatkan kualitas pengawasan dan penegakan keadilan pemilu, kami menciptakan brand baru. Brand kelembagaan ini menjadi acuan bagi setiap publikasi dan kegiatan yang dilakukan Bawaslu secara struktural di setiap tingkatan,” ujar Ketua Bawaslu, Abhan dalam peluncuran brand baru Bawaslu di Jakarta, Rabu (21/6).

Pembuatan label baru Bawaslu bertujuan meningkatkan konsistensi sikap, kesadaran, dan posisi lembaga ini, baik secara internal maupun eksternal. Selain itu, pihaknya juga ingin meningkatkan soliditas personel dan struktur Bawaslu.

“Bawaslu adalah lembaga yang diberi amanat untuk mengawasi dan bertindak aktif dalam tahapan pelaksanaan pemilu. Karena itu, soliditas personel dan struktur sangatlah penting,” ujar mantan ketua Bawaslu Jawa Tengah ini.

detik com Label baru Bawaslu diwujudkan dalam beberapa bentuk. Pertama, penciptaan slogan “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu”. Slogan ini mengandung filosofi bahwa pemilu adalah milik seluruh rakyat Indonesia. Karenanya, partisipasi rakyat adalah bagian terpenting terciptanya pemilu yang demokratis dan berkualitas. Oleh karena itu, Bawaslu mengajak rakyat untuk terlibat mengawasi pemilu.

Kedua, sikap salam. Bawaslu menetapkan gestur tubuh yang merupakan sikap salam seluruh komponen Bawaslu. Sikap salam tersebut adalah tangan kanan yang mengepal dan dihentakkan dua kali. Sikap itu dipraktikkan sambil mengucapkan slogan “’Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu”.

“Gerakan tersebut menunjukkan sikap dan simbol tekad dan kekuatan untuk membakar semangat untuk bersama-sama menjaga dan mengawasi pelaksanaan Pemilu,” terangnya.

detik com Ketiga, salam sapaan. Bawaslu menyapa seluruh rakyat Indonesia dengan “Sahabat Bawaslu”. Pihaknya memilih kata “sahabat”, sebab kata tersebut menunjukkan kesejajaran yang lebih lekat dan intim serta bisa saling mengerti.

“Kedekatan antara Bawaslu dengan banyak pihak dari berbagai latar belakang menjadikan modal bagi Bawaslu untuk mendekatkan kerja-kerja pengawasan agar lebih menyenangkan,” katanya.

Keempat, Bawaslu menetapkan nama forum diskusi pemilu yaitu “Forum Thamrin 14”. Nama tersebut untuk menaungi setiap diskusi kepemiluan dan publikasi hasil pengawasan yang diselenggarakan Bawaslu.

“Dengan mengambil nama dari alamat Kantor Bawaslu di Jalan MH Thamrin Nomor 14, diharapkan nama itu dapat menjadi pengingat publik terhadap eksistensi Bawaslu dan tanggung jawab keterbukaan publik melalui diskusi kepemiluan,” pungkasnya. detik com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *